PCCooler K120e

Tuesday 15 April 2014

*maaf gambar box saya comot dari google


Kali ini saya akan melakukan review singkat untuk Heatsink VGA PCCooler K120e. Pada sehari-hari saya menggunakan vga Sparkle GTX 275 untuk gaming maupun untuk mining dogecoin, vga ini berjalan pada clock 666MHz (dari standar 633MHz) dan memori saya menjadi 1269MHz (dari standar 1129MHz) dengan suhu yang panas sekali, yaitu 91 derajat celcius untuk full load, kurang beberapa derajat lagi sudah bisa dipakai untuk menggoreng telur ceplok :D dan fan speed nya saya setel berbanding sama dengan suhu, jadi untuk fan speed 91% ini bunyi nya hampir sama dengan pesawat terbang yang mau lepas landas, sangat bising sekali. Untuk konfigurasi ini pada saat mining bisa mencapai 50-60 KHash/s stabil.


sudah saya coba mengganti pasta pada gpu, menambahkan thermal pad, sampai melakukan modifikasi pada heatsink standar nya dengan menempelkan 2 fan prosesor amd athlon yang notabene kencang pun masih belum bisa menurunkan demam tinggi dari vga ini.

akhirnya saya mencari pengganti untuk heatsink standar nya, ada beberapa pilihan, yaitu Prolimatech MK-13, Thermalright HR-03, dan PCCooler K120e, setelah mencari-cari review di google saya pun memilih PCCooler K120e yang lebih ekonomis harganya dan menurut review performa nya sangat bagus untuk mendinginkan vga yang demam tinggi.

Spesifikasi PCCooler K120e :
- 120mm 4Pin PWM fan
- With Blue LED
- 6×6mm Heatpipes
- Copper Base
- Included A2 Thermal Grease
*untuk spesifikasi lengkapnya bisa klik link ini



Tampak Depan


 Tampak Belakang


Nickel Plated Base


GTX 275 yang akan di pasang heatsink PCCooler K120e


GTX 275 yang sudah dipasangi ramsink, dengan heatsink standar, PCCooler K120e, dan thermal paste A2


PCCooler K120e terpasang pada GTX 275


Sedang bekerja didalam casing


Perlu diperhatikan bahwa PCCooler K120e ini apabila dipasang akan memakan 4 slot pci, dan akan menambah tinggi sekitar 3cm dari vga, jadi apabila casing anda mentok, lebih baik tutup samping tidak usah dipasang dan membersihkan slot-slot pci di samping vga. Berikut adalah suhu pada GTX 275 sesudah terpasang PCCooler K120e dengan tambahan sedikit overclock pada core nya menjadi 742MHz dan memori clock 1290MHz suhu nya menjadi hanya 65 derajat celcius pada full load dan fan speed saya setel ke 50% yang hampir tidak terdengar (masih lebih sunyi daripada fan outtake PC yang jalan full 2000RPM) Untuk konfigurasi overclock ini pada saat mining bisa mencapai 60-80 KHash/s stabil.



Kesimpulan
PCCooler K120e ini telah sukses dalam meredam suhu tinggi dari GTX 275 dari 91 derajat menjadi 65 derajat celcius dengan harga yang ekonomis (menurut saya) yang hanya sekitar 375rb an dibandingkan dengan merk lain yang harganya sudah di atas 500rb, hanya saja kekurangannya adalah memakan slot pci yang sangat banyak hingga 4 slot, jadi apabila hendak memasang vga tambahan untuk SLI / Crossfire akan susah dengan konfigurasi ini (bisa di akali dengan pci riser, tapi harus mempunyai casing minimum full tower / dengan mengganti fan bawaan K120e menjadi slim fan yang dapat dibeli terpisah)

NB : mohon maaf apabila gambar nya jelek, ane blm punya kamera digital :D
kalo juragan mau nyumbang ke saya bisa ke sini :D
(kali aja ada yang mau nyumbang karena merasa terbantu dengan postingan saya. hehehe..)
dogecoin : DUEco6D3vSxUWgCGiseeB6GQfNDvbdjwhM
litecoin : LYuN5QFZhcz3AjUAF8gVQ29wkPNvggTqAP

0 comments: