Modifikasi Kabel AV Sega Mega Drive

Monday 3 October 2016

Kali ini saya coba menulis mengenai modifikasi kabel AV dari Sega Mega Drive, dikarenakan ketika bongkar-bongkar di gudang, saya menemukan konsol lama, yaitu Sega Mega Drive tetapi kabel AVnya menghilang entah kemana, dan karena harga kabel AV nya yang mahal (sekitar Rp. 80.000 an paling murah yang saya temukan) dan jarang di pasaran, oleh karena itu saya mencari informasi di internet mengenai kabel AV DIY dan banyak sekali memberikan tutorial nya, ada yang menggunakan paperclip yang dililitkan ke kabel RCA dan ditusuk ke lubang A/V OUTnya dan ada juga yang melakukan modifikasi solder ke mainboard Sega MDnya dan dikeluarkan ke jack RCA biasa(Merah, Hitam, Kuning). Saya akan membagikan pengalaman saya dengan cara yang kedua, yaitu modifikasi solder ke mainboardnya. Beberapa hal yang harus dipersiapkan :
1. Solder
2. Timah solder
3. Kabel secukupnya
4. Jack konektor RCA (Merah, Hitam, Kuning)

Untuk cara membongkar Sega Mega Drive ini cukup mudah (membongkar 6 baut di bawah, lalu lepaskan bagian atas Sega MD, kemudian lepas lampu LED, lalu bongkar 2 baut disisi kanan kiri slot cartridge nya, lepas deh mainboardnya) dan dapat anda sekalian cari sendiri di google.(mungkin di lain kesempatan saya akan memberikan tutorial untuk membongkar Sega MD di blog saya ini :D)


Bagian Bawah Mainboard Sega Mega Drive :



Seperti pada gambar, yang akan kita kerjakan adalah 2 bagian, yaitu 1. bagian konektor audio, dan 2. bagian konektor video

1. Bagian konektor Audio



Seperti tertera diatas, titik untuk menyolder audio kanal kanan, kiri dan ground nya, untuk ground sebenarnya terdapat banyak titik yang bisa kita pakai, dan saya sendiri lebih menyarankan untuk mengambil titik ground pada konektor A/V OUT nya, karena titik solder nya lebih besar daripada titik solder ground di gambar atas ini.



Pada gambar diatas saya telah menyolder kabel untuk bakal audio kanan kiri nya (kabel oranye audio kanan, kabel putih oranye audio kiri) *saya menggunakan kabel LAN sebagai kabel untuk jumpernya.

3. Bagian Konektor Video



Diatas adalah titik solder untuk video dan video ground nya, dan pada tutorial ini saya akan menggunakan titik solder video ground sebagai ground untuk semua jack RCA yang akan kita pasang (Merah, Hitam, Kuning)



Kabel coklat adalah video, putih coklat adalah ground


Langkah selanjutnya adalah menyolder semua kabel tersebut ke jack RCA yang bersangkutan, yaitu :

1. Kabel coklat ke pin tengah jack RCA Kuning, kabel putih coklat ke pin samping/ground jack RCA kuning.

2. Buat kabel jumper untuk menyambungkan ground pada jack RCA berikutnya (Merah dan Hitam), berarti kita akan membutuhkan 2 kabel jumper, 1 untuk menyambungkan ground RCA Kuning & Merah, dan 1 untuk ground RCA Merah & Hitam.

3. Kabel oranye ke pin tengah jack RCA Merah.

4. Kabel putih oranye ke pin tengah jack RCA Hitam.


Berikut gambar jack RCa yang telah selesaikan

*mohon maaf blom saya poto, nanti malam gambar menyusul.


Dan demikianlah pengalaman saya dalam membuat kabel AV DIY untuk Sega Mega Drive, sampai berjumpa pada lain kesempatan.

1 comments:

watukosek comunity said...

mas klo sega md2 gimana.. punya saya ak modif. gamabar nyala. tp suara g ada. udah ak pindah2 tetep g mw ada suaranx... posisi sega md2 cina bootleg