Galaxy Note 2 : Swap Memori Eksternal MicroSD Card Menjadi Memori Internal

Friday 19 July 2013


Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk swap memori eksternal MicroSD Card menjadi memori internal pada Samsung Galaxy Note 2 yang bebasis Android Jelly Bean 4.1.2. Memori internal pada Note 2 yang beredar di pasaran Indonesia adalah 16GB, dimana ruang free yang tersedia untuk data-data pengguna adalah 10.46GB, dan apabila kita hendak mengunduh aplikasi/games dari Google PlayStore, aplikasi/games tersebut akan menempati ruang pada memori internal yang kecil tersebut. Memori eksternal nya hanya di pakai untuk menyimpan lagu / foto / video. Untuk mengakali hal ini, kita dapat membelikan memori  elsternal MicroSD Card yang notabene sekarang harganya tidak terlalu mahal untuk yang berukuran 32GB, tetapi harus di ingat, untuk melakukan swap memori ini, diperlukan memori kard yang bagus dan speed nya cukup tinggi agar dapat mengimbangi kemampuan loading sistem android beserta aplikasi dan games nya, oleh karena itu disarankan minimum memori kard dengan Class 6 / 10 atau kalau ada dana berlebih dapat membeli memori dengan Class UHS-1 yang write/speed nya sangat cepat.
Berikut adalah persyaratan yang harus di penuhi untuk melakukan swap memori :

1. Galaxy Note II N7100 dengan OS 4.1.2.
2. Sudah Root dan sudah menginstall ClockWorkMod Recovery.
3. Sudah menginstall custom kernel (direkomendasikan menggunakan kernel Perseus)
4. Memori kard minim Class 6.
5. Bumbu masak berikut :


Langkah-langkah :
1. Format memori kard di PC sebagai FAT32 atau ExFAT.
2. Kopi file bumbu masak di atas ke memori kard.
3. Matikan Note 2, lalu masuk ke recovery mode (tekan dan tahan tombol volume up + tombol home + tombol power sampai muncul logo "Samsung Galaxy Note 2" untuk yang kedua kali nya, baru lepaskan semua tombol)
4. Pilih "Install Zip From External SDCard"
5. Pilih File .Zip yang telah di download tadi.
6. Pilih "Go Back", lalu pilih "Reboot System"
7. Selesai





















Hasil benchmark AnTuTu, hasil read/write SD Card sebelum swap dan setelah swap :






















F.A.Q. Alias Pertanyaan yang sering ditanyakan :
1. Setelah dilakukan swap memori ini, apakah kalau memori kard nya dilepas ketika Note nya masi menyala apakah akan error?  Tidak akan error, tapi hal ini sangat tidak disarankan, lebih baik Note nya dimatikan dulu ketika akan melepas memori kard.
2. Bagaimana cara menghapus mod ini? Caranya gampang sekali, download lah "Root Explorer" / "ES File Explorer", lalu buka lah direktori "/etc/init.d/", mount r/w kemudian hapus file extswap yang ada disana, lalu restart.
3. Apakah mod ini akan permanen meskipun di upgrade? Tidak!, kalau Note nya hendak di upgrade, lebih baik mod ini di hapus dulu, karena dapat menyebabkan brick.



Do It With Your Own Risk

0 comments: