Unlock Modem CDMA Huawei EC156 (Modem Esia Max-D)

Wednesday 22 May 2013



Beberapa waktu lalu saya membeli paket modem bundling Esia Max-D sebesar 99 ribu rupiah, termasuk kartu aha free internet selama satu bulan dengan kuota 7GB. Dengan harga 99rb sudah termasuk modem (Huawei EC156) dan paket internet nya memang sangat murah dan menggiurkan, setelah paket internet nya habis, saya mencoba untuk mengganti kartu aha dengan kartu lain (yaitu kartu flexi), alhasil ternyata modem tersebut di lock khusus kartu aha / esia saja. Kemudian saya googling, ternyata tidak banyak yang membahas untuk unlock modem Huawei EC156 AHAmy TV ini, hasil yang paling banyak muncul di google adalah mengenai unlock modem EC156 Tata Photon+. Akhirnya sayapun memberanikan diri untuk mencoba prosedur unlock tersebut ke modem saya dan berhasil!! modem ini pun sekarang bisa di pakai untuk kartu flexi EVDO.

Bumbu Bumbu Masakan :
1. Modem Huawei EC156 bundlingan Esia Max-D
2. Rempah Rempah Penyedap


Selanjut nya setelah bumbu masakan sudah siap semua, marilah kita memasak :D

Langkah Langkah Penting :
1. Ekstrak file Rempah Rempah Penyedap.

2. Install program DFS 3.3 dari folder diatas.

3. Tancapkan modem Huawei EC156 ke komputer.

4. Buka program DFS 3.3 yang telah diinstal tadi, lalu tekan tombol "port" (di bagian kiri atas), lalu pilih lah "Huawei Mobile Connect - Application Interface"

5. Tekan tombol SPC (dibagian kiri atas di bawah tombol "port"), maka akan muncul tulisan error di bagian bawah.

6. Klik tab "Memory" lalu di pilihan "Type", pilih lah "CEFS", kemudian pilih tombol "Read"

7. Setelah proses read selesai, pilih lah kolom "SPC1", kemudian akan muncul daftar alamat SPC yang memungkinkan (akan muncul 6 kolom), pilih lah kolom paling terakhir sendiri, dan kode SPC akan muncul di jendela hitam tengah.

8. Masukkan kode SPC yang kita peroleh tersebut ke dalam kolom di sebelah  tombol SPC (dibagian kiri atas di bawah tombol "port")

9. Tekan lagi tombol SPC (dibagian kiri atas di bawah tombol "port"), kali ini akan muncul tulisan "DEVICE UNLOCKED" di bagian bawah.

10. Sekarang klik tab "Programming", lalu tekan tombol "READ" di kolom SPC, setelah itu gantilah kode SPC nya dengan "000000" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan tombol "WRITE"

11. JANGAN lupa catat MEID modem tersebut (kalau tidak tahu, MEID ada di sticker di doos modem, atau bisa read dari kolom MEID di langkah 10)

12. Bukalah program CDMA FLASH, lalu masukkan MEID yang tadi telah di catat, lalu tekan tombol calculate flash. akan muncul password untuk dimasukkan ke langkah selanjutnya.

13. Tutup lah program DFS, lalu buka lah file hasil ekstrak tadi "EC156Update_11.106.00.06.000.B416.exe", ikuti petunjuk nya, di next next aja, sampai di suruh masukkan password, masukkanlah password yang telah diperoleh dari langkah 12.

14. Tunggu sampai proses update selesai, maka modem Huawei EC156 anda telah berhasil di unlock :)



Berikut video tutorial unlock tersebut :




Setelah di unlock, aplikasi dashboardnya tetap menggunakan dashboad AHA dan sinyal nya akan tetap muncul AHA meskipun menggunakan kartu flexi, dan modem tetap bisa di pakai ke portable router Hame A1.
Do It With Your Own Risk


credits to : dhiraje66

64 comments:

Unknown said...

terima kasih,,
tutorial nya sangat bermanfaat,,
saya berhasil melakukan nya,,heu

saux70 said...

mantab gan chepy perdana :-bd

Unknown said...

saya coba tapi gagal,,, solusinya gmn ya,,, sekarang ga mau update terus,,,

Unknown said...

Dari bulan mei 2013,saya sudah mencoba sampai 3x,tapi mentok sampai tahap 6.sudah mencoba pakai kartu esia maupun smartfren,tapi mentok di langkah 6 danvideo tutorialnya berbeda.mohon bantuannya.terima kasih

Anonymous said...

sekedar sharing saja, mungkin yang gagal di tahap 6 itu karena salah memasukkan kode spc. kode spc yang dimasukkan adalah yang di kotak hitam sebelah kanan.

Unknown said...

gan, kok punya saya passwordnya salah ya? udh ditahap terakhir, mohon bantuannya please

Unknown said...

berhasil...berhasil...berhasil...
siiipp gan.....

Ratih Kesuma Dewi said...

Ijin sharing gan

Ratih Kesuma Dewi said...

sudah saya coba dan berhasil di unlock, tapi koq nda bisa konek ya. saya pake kartu smart. sudah saya utak atik APN,Username,dan dial-up numbernya tetep aja tidak bisa. mohon bantuannya.

Anonymous said...

Waktu sampe tahap memasukkan kode SPC1, koq di jendela SPC1 yg muncul cuma 5 alamat SPC1, bukan 6 spt yg disebutkan dlm tutorial ini.
Lalu yg dimasukkan kode yg mana? Di jendela hitam yg sy lihat stlh sy pilih/klik alamat SPC1 yg terakhir (yg ke5 dlm kasus sy) kode: "00032EEA" dan di kanannya ada angka 30 yg dihighlight biru. Mana yg hrs dimasukkan di kolom SPC di atas? Sy cb ketikkan "00032EEA" tp ketika sy ketik EEA tdk muncul dan terdengar bunyi ting. Mohon pencerahannya.rg

Anonymous said...

Aaaaahh... akhirnya berhasil juga unlock. Thank you buat tutorialnya, tp menurut saya perlu diupdate sedikit tutorialnya, spy utk newbie spt saya tidak panik karena petunjuknya krg detil. Khususnya wkt di langkah ke7, krn di tutorial disebutkan akan ada 6 alamat tp di kasus sy yg muncul cuma 5. Lalu di langkah berikutnya wkt utk memasukkan kode SPC1nya, tidak dijelaskan angka yg bagian mana yg hrs dimasukkan di kolom SPC, untung ada Anonymous (1 July 2013) yg kasi clue angka bagian mana yg hrs dimasukkan. Krn video tutorialnya krg jelas. Tp finally sdh berhasil unlock, tp msh blm diuji coba dgn kartu lain, msh blm beli perdananya.
Ditunggu tutorial selanjutnya, unlock modem Smartfren dan TSel Flash. :-P

khingcat said...

Sudah bisa konek pake Smartfren, tp koq cuma bisa dpt CDMA 1X ya, gak bisa EVDO? Sy cb setting ke EVDO gak mau konek, stlh diganti ke hybrid (CDMA 1x + EVDO), baru bisa konek, itupun cm dpt speed 156kbps (CDMA 1x). Apa ada yg punya solusi?

Anonymous said...

atas ane^ : smartpret emang kdang kampret gan

Anonymous said...

pas update itu harus konek intrnet gak om?

khingcat said...

Saya sdh ganti kartu baru Smartfren, tetep aja cuma dpt CDMA 1x, sudah gitu speednya cuma dpt 156,3 kbps, gak bs EVDO. Apa mgkn file updatenya ya yg msh blm sempurna? Msh blm coba pake Flexi.

khingcat said...

Apa ada yg sudah berhasil pake Smartfren & bs EVDO?

Anonymous said...

Bener gan, Semartpret memang bener2 kampret, dr td coba cuma dpt 156kbps, ane ganti dgn si Pleki bs dpt EVDO, 3,1Mbps.

Anonymous said...

gak bisa update, gagal terus, solusi?

Unknown said...

Hasil dr read spc1 kok berbentuk bin. Gmn solusinya? Apa ec156 saya modeljadul ya? Pusing neh...btw,komputer baru saya instal xp pack3

Unknown said...

aLHAmdulilah BERHASIL BOSS!!!!!!!!!. terimaksih.pakai flexi dapat EVDO.tuk download OK bagt.kutunggu tutorial yang lain.Unlock CYRUS MC-400 ESIA MAX-D

Unknown said...

Sukses Gan... hatur nuhun ya.

Sedikit tambahan, ternyata ada 2 hal kecil tapi vital yang lupa disebutin di sini:
1. Restart kompi setelah instal DFS supaya si EC156 bisa kedetek di DFS.

2. MEID is case sensitive. Gara2 masukin huruf kecil di CDMA Flash, gw dapet wrong password. Setelah diulangi dengan huruf kapital, baru deh bener.

Tapi secara general tutorialnya udah oke. Thanks again.

Anonymous said...

modem ec256 saya lalmpu led hijaunya hudup terus, sepertinya gagal unlock dan update, serta tidak terdeteksi pc lagi. bagaimana cara memperbaikinya. muncul pesan error ketika menggunakan software EC156Update_11.106.00.06.000.B416.exe.tidak bisa terbaca ramnya. mohon bantuannya. terima kasih.

Anonymous said...

setelah unlock modem ec156 na bisa di pake untuk kirim sms gak boz, ane berhasil unlock cyrus mc300 tapi gak bisa buat sms.

indoanimax said...

kalo pake modem AHA yang Cyrus bisa gak yak ?

David Subroto said...

untuk update nya bisa gan
tapi pas di colokin kartu smartpren kok ga muncul sinyalnya ya gan?

Anonymous said...

thank gan unlock ane berhasil good job... ^^

Unknown said...

ane gak bisa run DFS-nya gan..
katanya unable to fin a version of the runtime to run this application

Anonymous said...

Ok semua berhasil di unlock, mantaffffff programnya, semua berjalan dengan lancar jaya, gak ada kemacetan cuma kita harus ikuti langkah demi langkah sedetail mungkin br bisa mulus, dan yg jd masalah buat ane gak bisa kpneksi evdo cuma dapat jaringan cdma 1x aja, lambatttttt lemottttttt, tp udah syukurlah berhasil, tengkyu ya agan...

Anonymous said...

tanya dong, dus hpnya ilang, cari no MEID spt di tahap 10 kok invalid password ya.. ada yang tau cara nemuin MEID nya kah?

Anonymous said...

saya sudah mencoba dan berhasil di unlock, tapi kok tidak bisa connect , kra2 ada masalah apa y,,,
Tolong pencerahannya dari sobat-sobat sekalian..

Anonymous said...

saya sudah mencoba dan berhasil di unlock, tapi kok tidak bisa connect , kra2 ada masalah apa y,,,
Tolong pencerahannya dari sobat-sobat sekalian..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

pada saat update gagal terus,, skrg malah lampunya nyala hijau terus,, mohon solusinya master..

Fauzul azmi said...
This comment has been removed by the author.
Fauzul azmi said...

gan, tolong post unlock esia ah007 juga dong,,,,,
thankz

Unknown said...

gagal update firmware bos, sekarang modem ane, cuman nyala lampu ijo nya aza...ada solusi ndak nech..

Unknown said...

saya berhasil menggunakan tutorial ini. awalnya sih bingung, setelah 5x baca sama liat video tutorialnya, akhirnya saya bs menggunakan kartu flexi. trims saux70

Unknown said...

masakannya mantabb..!!!
suwun...

Hanif Furqon Abdurrahman said...

mas, ane gagal saat update modemnya..
gmana yaa solusinya??

coz dah ga terdeteksi lagi modemnya..

hamdan said...

ada yang pernah pakai untuk smartfren? dapet sinyal evdo ga?

saya punya yang versi fleksi yuhuuu, pingin unlock juga.

thanks

Unknown said...

kebiasaaan orang indonesia, bikin tutorial ga makai screenshot,

Anonymous said...

bang kalo pake kartu aha bisa gak bg..?

wawabraddelson said...

thanks gan .
berhasil ,
ane kasih kiss :*
hahahaha

Fadly31 said...

ijin sedot kang...

Anonymous said...

terima kasih gan,izin coba ya,

Ndudz1988 said...

Kok password sayabgagal trus ya

mukegile said...

bang @saux70, punya ane ec150 bisa gak ya pake cara yg unlock ec156?

Unknown said...

ALHAMDULILLAH setelah 2 taun saya stuck unlock modem ini yang saya beli 100rebuan akhirnya berhasil berkat tutorial ini. Oh ya, saya sempet gagal saat masukkan password ternyata MEID yang di read di software DFS beda ama yang di cangkang modemnya. Akhirnya saya milih MEID yang di cangkangnya trus masukkin password dan berhasil. Firmware updatenya lancar sampai beres. Ini juga koneksi pake kartu flexi hehehe. THANK Bro

Anonymous said...

gan..
bisa unlock modem zte mf90 dengan tools ini?
thanks

kakak adik said...

kalau modem cdma cyrus MC400 ,gimana unlocknya gan,terima kasih..

mas_dyan said...

kalau buat modem aha 007 gimana ya gan caranya?

Anonymous said...

Arigatou..gan. Bagi yang tidak dapat 6 alamat SPC nya gunakan yg terakhir saja ex no 5..

Boaz Febry Christian said...

bang.. bisa di upload lagi gak rempahnya... ga bisa download di mediafire

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Akbar Habiby said...

Gan Kalo Unlock Modem CDMA ESIA MAX-D CYRUS yang versi MC-400 Work Ga? Saya mau unlock modem saya nih... Soalnya kalo esia Boros.. Thx' Mohon Perhatiannya :D

Unknown said...

Boosssss ..... UNLOCK BERHASIL !!!!!!!

Thx bgt ya atas infonya , dan ane bisa pake modem esia max-d ane pake kartu lain .....

ucil567 said...

saya coba gan

Cheaters N' Gamers said...

gagal di tahap akhir waktu menjalankan update.data card can't be found. error code 3. tuh gan sebagian tulisannya. ada solusi?

Unknown said...

data card can't be found. error code 3. tulisannya pada tahap terakhir update . ada solusi nya ngga ?

Anonymous said...

berhasil. terima kasih banyak

Unknown said...

agan agan aku kok ada trouble di SPCnya ya, kode nya ga muncul di kolom hitam
solusi dong

Villa Istana Bunga said...

Untuk modem AH007 bisa pake tutorial yang ini gak ya?

Awe said...

makasih gan share nya bermanfaat sekali.. di doain banyak rejekinya n sehat selalu.. amiinnn..

Unknown said...

cyrus mc400 gimana gan????? hadeuh pusing eui!!!!!!