Ritual Pasca-Jailbreak (baca : proses setelah jailbreak)

Monday 28 May 2012

Setelah device apple kita telah terjailbreak, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menambahkan tweak-tweak pada device kita. Pada device yang terjailbreak, akan muncul aplikasi baru bernama cydia (gambar ikon nya seperti ini).

Sebelum membuka cydia, pastikan device anda terhubung dengan internet ( lewat jaringan gsm atau lewat wifi), karena cydia akan mendownload file file yang dibutuhkan melalui internet. Setelah membuka cydia, anda akan dihadapkan pada satu pertanyaan, siapakah anda? pilihan yang ada adalah user, developer, atau hacker. Pilih lah terserah pada hati anda :). Kemudian, cydia akan melakukan proses updating database-database dari tweak-tweak standar yang ada pada cydia (pastikan pada proses updating ini, device jangan sampai standby, karena kadang-kadang apabila device standby, biasanya proses updating akan berhenti dan gagal). 

Lalu setelah selesai updating database, kemudian bukalah tab 'Manage' di bagian bawah layar cydia, lalu buka 'Sources', kemudian tekan tombol 'Edit' di sebelah kanan atas layar, lalu tekan 'Add' di sebelah kiri atas layar untuk menambahkan repository (selanjutnya akan disingkat menjadi repo) dari tweak-tweak tambahan yang bisa kita cari dari internet, tapi biasanya repo yang standar saya masukkan adalah :

1. cydia.hackulo.us , adalah repo yang berisi tweak appsync, yaitu untuk mengisi aplikasi bajakan.

2. cydia.xsellize.com , adalah repo yang biasanya berisi aplikasi bajakan dari repo standar cydia.


Kemudian, setelah menambahkan repo tadi, masuklah ke bagian 'search' atau 'sections' untuk mencari dan menginstall tweak-tweak dari repo-repo tersebut. Tweak yang biasanya saya install kan adalah sebagai berikut :

1. appsync , install lah appsync sesuai versi iOS anda, jadi apabila iOS anda adalah iOS 4.2.1, maka install kan appsync for 4.0+, apabila iOS 5.1.1, maka menggunakan appsync for iOS 5.0+

2. springtomize 2 - iOS 5+, untuk tweak tampilan dock, icon dan lain sebagainya bisa dicoba sendiri.

3. 3Gunrestrictor, yaitu tweak untuk memperbolehkan facetime melalui jaringan 3G.

4. unfold, tweak tampilan layar unlock sehingga menjadi seperti menggeser dan melipat layar. (tweak ini hanya khusus untuk iPhone, sudah saya coba di iPad tetapi hasilnya error)

Sekian tips-tips dari saya. Terima Kasih.
nb : post ini nanti akan saya update dengan gambar bergambar.

0 comments: