Updating HTC Mozart to Mango 7.5

Sunday 30 October 2011


Beberapa hari yang lalu ada teman saya meminta bantuan untuk mengupgrade HTC Mozart nya menjadi Windows Mango, setelah melakukan penelusuran di internet, ternyata banyak sekali artikel tutorial upgrade nya dan dengan cara yang berbeda-beda pula (yaitu melalui update ROM, melalui OTA update, ataupun melalui update via Microsoft Zune di PC Windows). Kemudian selanjutnya saya pun menelusuri apakah ada update official (baca : resmi) untuk HTC Mozart ini, karena dari penelusuran tutorial tadi, banyak sekali versi leak nya yang di yakini merupakan versi final / RTM yang akan dikeluarkan sebagai ROM official nya. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan file ROM yang ada di xda-dev (link).

Sebelum mengupdate, pastikan anda belum flash HSPL di handset nya, apabila device anda sudah HSPL, restore dulu ke rom official nya untuk restore SPL nya kembali menjadi SPL official dan pastikan daya baterai handsetnya sudah terisi penuh. Langkah-langkah upgrade nya :

1. Download dan install Microsoft Activesync 4.5 (untuk windows XP), untuk pengguna Windows 7 download Windows Mobile Device Center 6.1

2. Download file ROM Mango untuk Mozart dari http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1263495

3. Pastikan anda mempunyai winrar ataupun winzip untuk ekstrak file di komputer anda, kemudian klik kanan file ROM Mango yang di download tadi, lalu pilih "extract here to folder"

4. Setelah selesai meng-ekstrak ke folder, cari dan hapus file SPL_signed.nbh

5. Matikan HTC Mozart nya, lalu dari posisi mati, tahan tombol volume bawah + tombol power sampai muncul layar tiga warna dengan tulisan "serial" di bagian tengah bawah seperti dibawah ini, kemudian sambungkan ke kabel USB di PC. Setelah tersambung, maka tulisan "serial" akan berubah menjadi "USB"


6. Kemudian klik 2x file ROMUpdateUtility.exe dan ikuti panduan di layar. Proses upgrade ini berlangsung sekitar 5 - 10menit.

Akhir kata selesailah proses upgrade ini, segala kerusakan yang ditimbulkan karena proses upgrade ini silahkan ditanggung sendiri, karena saya juga sudah melakukan banyak trial dan error sebelum akhirnya berhasil mengupgrade HTC Mozart ini menjadi Windows (Pencit) Mango 7.5



3 comments:

rajacolek said...

kira2 bahasax (disply language) bisa di seting ke bhasa indonesia gak brow. coz kemaren ane konnec ke zune dan melakukan update otomatis dr zune nya. sekrang dah versi 7.5 .apa itu mango juga?
tapi kok disply language nya gak bisa di set ke bhasa indo?

mohon pencerhnnya. klo boleh jawab di kotk komentar salh satu postingan blog ane yaa http://ipoenkblb.blogspot.com/
thanks broow

saux70 said...

kalo versi 7.5 itu udah mango masbro
dan setau aku untuk windows mobile emang blm support untuk bahasa indonesia....

Anonymous said...

gini gan, OS sya windows phone 7.8 tapi hp saya macet di logo HTC. niatnya sya mau flash ulang ikuti cara diatas bisa gak gan?